Kamis, 13 Maret 2014

Taksonomi pepaya


TAKSONOMI PEPAYA


Kingdom               : Plantae
Divisio
                 : Spermatophyta
Subdivisio 
          : Angiospermae
Klas 
                   : Magnoliopsida
Subklas
                : Dilleniidae
Ordo
                    : Violales
Famili
                   : Caricaceae
Genus
                             : Carica
Spesies
                 : Carica papaya L.

Nama lain : Papaya, kates (Jawa), gedhang (sunda), botik, betik (Batak), kapala (Sangir), kalijawa (Sumbawa)

Asal-usul : Meksiko, Costa Rica


PROFIL TANAMAN
Herba dapat mencapai 10 m, batang lurus, silindris, tampak bekas tangkai daun, berongga di bagian tengah, tidak bercabang. Daun tunggal, besar, bercangap, warna hijau muda sampai hijau tua, menggerombol diujung batang, kedudukan di spiral, tangkai panjang dan berongga dengan warna hijau pucat atau merah keunguan.
 Bunga bentuk terompet, warna putih kekuningan. Buah bulat sampai lonkong, mengandung banyak biji warna hitam, daging warna merah, merah muda atau kuning.
Daun dapat untuk sayur atau obat, getah buah mengandung enzim papain sebagai pelunak daging.

BUAH  PEPAYA
Pepayaadalahbuah yang dapatdijumpaisepanjangtahun.Bukanhanyabuahnyasaja yang dapatdimanfaatkan,ternyatahampirdariseluruhbagiandaripepayadapatdimanfaatkan.mulaidarikuntumbunga, buah, daun, batang, akar, getahdanbahkankulitpohonyajugakhasiat yang bergunauntuktubuh. Pepayaselaindigunakanuntukminumanpenyegar, rujak, selai, agar-agar, dankue, ternyatapepayajugadapatdigunakanuntukobat anti-amuba, mengurangigangguanjantungdanobatpeluruhkencing.
Tahukahandabahwabuahpepayajugapunyaefekterapi yang sangatbaik?khususnyaterapikecantikanbagiwanitasepertimelangsingkantubuh, mengencangkanpayudaradanawetmuda.

MengencangkanPayudara

Pepaya di percayaolehnenekmoyangkitasejakdulusebagaibuah yang dapatmengencangkanpayudara.Enzim di dalambuahpepayadapatmembantupertumbuhanpayudarasehinggalebihkencangdankenyal.
Pepayajugadiperkayadengan hormone pengencangserta vitamin A yang merangsangpengeluaranhormonwanitadanmerangsangindungtelurmengeluarkan hormone betina. Dari hormontersebutkelenjarsusuakanlancardanbentukpayudarasemakin ideal.
cihuyyyy.. :D

AwetMuda
Kadar vitamin C dalampepayaadalah 48 kali lipatnyabuahapel!!.Pepayajugaaktifsebagaidetoksifikasisehinggadapatmenyegarkankulitdaridalam.Pepayajugadapatmendorong proses metabolismekulit. Pepayajugabaikmelumerkanlapisankulitdanzattandukpenuaan yang timbuldipori-porisehinggakulitlebihkencangdancerah.Jadi, mulaisekarangrajin-rajinsajapakai masker buahpepayaatau facial pepaya.

PelangsingTubuh

Buahpepayapunyakhasiatmenguruskantubuh.Denganrajinmengkonsumsipepayamudadapatmenghasilkanenzimdua kali lipatdaripepayamatang.Nah, enzimtersebutberperansebagaipengurailemakdalamtubuhkita.Enzimitujugamengurai protein lebihbaiksertamelenyapkandagingberle
Khasiatpepayauntukwanita
Jikabuahpepayabanyakdigemarikarenarasanya yang manis. Sebaliknya, rasa pahitdaunpepayamembuatbanyak orang tidakmenyukainya.Padahalmanfaatnyasangatbanyak, samahalnyadenganbuahpepaya.
Dari beberapapenelitiandijelaskan, batangdandaunpadatumbuhanpepayamengandungbanyakgetahputihsepertisusu (white milky latex), yang berpeluangdikembangkansebagaiantikanker. ManfaatgetahpepayauntukkesehatandibuktikanBouchutsecarailmiah, sepertidikutip Journal Society of Biology, yang menyatakandaunpepayabersifat antitumor ataukanker.
Peranitudimungkinkanolehkandungansenyawakarpain, alkaloid bercincinlaktonatdengantujuhkelompokrantaimetilen.Dengankonfigurasiitu, takhanya tumor danpenyakitkulit yang disembuhkan, karpainternyatajugaampuhmenghambatkinerjabeberapamikroorganisme yang menggangufungsipencernaan.
Sehinggaefektifuntukmenekanpenyebabtifus.Daunpepayajugamengandungberbagaimacamzat, antara lain vitamin A, B1, kalori, protein, lemak, hidratarang, kalsium, fosfor, besi, dan air.
SelainituLebihdari 50 asam amino terkandungdalamgetahpepaya, antara lain asamaspartat, treonin, serin, asamglutamat, prolin, glisin, alanin, valine, isoleusin, leusin, tirosin, fenilalanin, histidin, lysin, arginin, tritophan, dansistein. Bahan-bahantersebutbiasanyadipadukandalambahanbakuindustrikosmetikuntukmenghaluskankulit, menguatkanjaringan agar lebihkenyal, danmenjagagigidaritimbunanplak.
Selainbermanfaatbagikulit, daunpepayaterutamadapatdigunakanuntukkesehatanwanitaantara lain untukmengobatikeputihan, demamakibatnifas, melancarkanhaiddanmelancarkan air susuibu (ASI).
Beberapapenyakitlainseperti flu, malaria dandemamjugadapatmemanfaatkandaunpepayasebagaipenangkalnya.
Lebihlanjutcaramenggunakandaunpepayauntukmengobatipenyakitsebagaiberikut:
* Jerawat. Jemur 2-3 helaidaunpepaya yang sudahtua, lumatkansambildiberi air, peras.Oleskasarinyapadajerawat.
* Sakitkeputihan. Ambilsatulembardaunpepaya, satupotongakarrumputalang-alang, adaspulosarisecukupnya.Selanjutnyadaunpepayadicincanghalus, kemudiandirebusbersamabahanlainnyadengan 1,5 liter air sampaimendidihdandisaringkemudiandiminumsatu kali seharisatugelasdandilakukansecarateratur.
* Mencegahdemamnifas. Sehelaidaunpepayamudadicuci, iris-iris, rebus dengangulaarendansegelas air sampaiairnyatinggal 1/2.Minumsekaligussegerasetelahmelahirkanselamaduahariberturut-turut.
* Melancarkanhaid. Duahelaidaunpepayadicuci, tumbukhalussambildiberi 1/4 gelas air, peras, berigaram.Minumsekaligussatu kali sehari.
* Melancarkan ASI. Beberapahelaidaunpepayadicuci, layukan di atasapi. Hangat-hangatditaruh di sekelilingpayudara.
* Malaria dandemam. Tumbukdaunpepayamudahinggamenjadi 1/2 gelas, tambahkan air 3/4 gelasdangaram, peras, saring.Minum 3 kali sehari; lakukan5 hariberturut-turut.
* Menambahnafsumakan. Sehelaidaunpepayasegardicuci, lumatkan, berigaramdan air sedikit demi sedikitsebanyak 1/4 gelas, peras. Minumairnyasekaligus.
* Malnutrisi. Satulembardaunpepayadirebusdengan 1,5gelas air sampaimendidih, kemudiandisaringuntukdiambilairnya. Kemudiandiminumkanpadabalita 2 sendokmakansetiaphari.

* Flu. Cucitigahelaidaunpepayamuda, lumatkan, peras, berigaram.Minumdua kali sehariuntukanak-anak, danempat kali sehariuntukdewasa.

RESULT SEARCHING
Pepaya jantan dengan bunga.
Buah pepaya dimakan dagingnya, baik ketika muda maupun masak. Daging buah muda dimasak sebagai sayuran (dioseng-oseng). Daging buah masak dimakan segar atau sebagai campuran koktail buah. Pepaya dimanfaatkan pula daunnya sebagai sayuran dan pelunak daging. Daun pepaya muda dimakan sebagai lalap (setelah dilayukan dengan air panas) atau dijadikan pembungkus buntil.
 Oleh orang Manado, bunga pepaya yang diurap menjadi sayuran yang biasa dimakan. Getah pepaya (dapat ditemukan di batang, daun, dan buah) mengandung enzimpapain, semacam protease, yang dapat melunakkan daging dan mengubah konformasiprotein lainnya.
 Papain telah diproduksi secara massal dan menjadi komoditas dagang. Daun pepaya juga berkhasiat obat dan perasannya digunakan dalam pengobatan tradisional untuk menambah nafsu makan
Manfaat pepaya
Manfaat buah pepaya:
  1. mencegah kanker.
Pohon pepaya umumnya tidak bercabang atau bercabang sedikit, tumbuh hingga setinggi 5-10 m dengan daun-daunan yang membentuk serupa spiral pada batang pohon bagian atas. Daunnya menyirip lima dengan tangkai yang panjang dan berlubang di bagian tengah. Bentuknya dapat bercangap ataupun tidak. Pepaya kultivar biasanya bercangap dalam.
Pepaya adalah monodioecious' (berumah tunggal sekaligus berumah dua) dengan tiga kelamin: tumbuhan jantan, betina, dan banci (hermafrodit). Tumbuhan jantan dikenal sebagai "pepaya gantung", yang walaupun jantan kadang-kadang dapat menghasilkan buah pula secara "partenogenesis". Buah ini mandul (tidak menghasilkan biji subur), dan dijadikan
Nama ilmiah pepaya
Yaitu Carica papaya
Ciri ciri pepaya
bahan obat tradisional. Bunga pepaya memiliki mahkota bunga berwarna kuning pucat dengan tangkai atau duduk pada batang. Bunga jantan pada tumbuhan jantan tumbuh pada tangkai panjang. Bunga biasanya ditemukan pada daerah sekitar pucuk.
Bentuk buah bulat hingga memanjang, dengan ujung biasanya meruncing. Warna buah ketika muda hijau gelap, dan setelah masak hijau muda hingga kuning. Bentuk buah membulat bila berasal dari tanaman betina dan memanjang (oval) bila dihasilkan tanaman banci. Tanaman banci lebih disukai dalam budidaya karena dapat menghasilkan buah lebih banyak dan buahnya lebih besar.
Daging buah berasal dari karpela yang menebal, berwarna kuning hingga merah, tergantung varietasnya. Bagian tengah buah berongga. Biji-biji berwarna hitam atau kehitaman dan terbungkus semacam lapisan berlendir (pulp) untuk mencegahnya dari kekeringan. Dalam budidaya, biji-biji untuk ditanam kembali diambil dari bagian tengah buah.
Kelamin jantan pepaya ditentukan oleh suatu kromosom Y-primitif, yang 10% dari keseluruhan panjangnya tidak mengalami rekombinasi. Suatu penanda genetikRAPD juga telah ditemukan untuk membedakan pepaya berkelamin betina dari pepaya jantan atau banci.[


Tidak ada komentar:

Posting Komentar